Hiburan

Manfaat Jambu Biji (Guava) Untuk Kesehatan Tubuh

sulutexpress.com, Jumat (09/08/2024)-Jambu biji atau juga disebut jambu batu, dan jambu klutuk atau Guava merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brasil yang awalnya dari Thailand kemudian disebarkan ke Indonesia.

Buah Jambu Biji memiliki berwarna hijau atau agak kuning dengan daging buah berwarna hijau atau merah dan berasa asam-manis.

Jambu Biji ini biasa sering dibikin jus atau makan langsung karena dalam buah Jambu Biji mengandung banyak Vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu juga mengandung serat, vitamin B, vitamin A, kalsium, magnesium, dan kalium.

MANFAAT JAMBU BIJI

Ada beberapa Manfaat Jambu Biji yang harus kita ketahui yaitu

1. Mendukung pemulihan demam berdarah

Menurut Penelitian bahwa ekstrak daun dari jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue yang menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Sedangkan daun jambu biji juga mengandung quercetin yang berguna meningkatkan jumlah trombosit kepada pasien DBD. Ini tentu saja membantu pemulihan tubuh akibat penyakit demam berdarah

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lainnya, untuk menjaga kesehatan mata karena jambu biji mengandung vitamin A. Adapaun Fungsi dari Vitamin A adalah berperan dalam mendukung fungsi membran konjungtiva dan Kornea mata.

3. Menurunkan kolesterol

Selain buahnya kita juga bisa mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji, hal ini bisa menurunkan risiko terkena kolesterol karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalam daun Jambu biji tersebut mampu mencegah peningkatan kadar kolesterol didalam darah.

4. Melawan radikal bebas

Manfaat buah dan daun Jambu biji lainnya yaitu kaya akan Antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu penyakit kanker dan menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji dapat membantu mencegah bahkan pula menghentikan perkembangan sel-sel kanker. 

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Jambu biji mempunyai kandungan vitamin C melebihi kandungan vitamin C di dalam jeruk. Kandungan Vitamin C pada 1 buah Jambu biji sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C perhari.

Perlu diketahui, Vitamin C sendiri dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. 

6. Melancarkan saluran pencernaan

Jambu biji juga mengandung serat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. oleh karena itu Jambu biji dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Adapun ekstrak daun jambu pada penderita diare dapat mengurangi intensitas buang air besar dan sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menjadi penyebab diare.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Jambu biji yang mengandung serat, kalsium, kalium, dan vitamin C yang tinggi mampu juga menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Menjaga kesehatan kulit

Untuk kaum hawa, jambu biji yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi bermanfaat menjaga kesehatan kulit karena vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen dan bersifat antioksidan sehingga mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit. (epi)

 179 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *