Headline Minut

Update Corona Rabu 22 April : Total PDP Meninggal di Minut Jadi Empat

MINUT, sulutexpress.com – Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Disease (Covid-19) yang meninggal di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dari tiga bertambah menjadi empat orang.

Terbaru, seorang bayi perempuan yang baru berusia tiga hari telah dinyatakan PDP oleh pihak RSUP Prof Kandou Malalayang, Manado, dan sudah meninggal dunia, Selasa (21/4/2020) sore di RSUP Kandou.

Hal Ini sesuai update data yang masuk di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (22/4/2020) sampai Pukul 16.00 WITA.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, Rabu (22/4/2020) kepada Wartawan Sulutexpress.com.

“Iya jumlah PDP dari 8 bertambah menjadi 9 orang dan PDP yang meninggal dunia dari 3 menjadi 4 orang,” terang Sompotan.

Dijelaskannya untuk PDP kesembilan ini adalah seorang bayi perempuan baru berusia tiga hari dan meninggal di RSUP Prof Kandou Malalayang Manado, Selasa (21/4/2020) sore, dia sudah dikuburkan di Likupang Timur.

“Apakah dia tercatat warga Kotamobagu kita belum tahu pasti karena statusnya itu belum jelas, jadi dia itu dari RS Kotamobagu dan dirujuk ke RSUP Prof Kandou sehingga dia termasuk pasien RSUP Kandou dan mereka tetapkan dia PDP, dari informasi dia memiliki keluarga di Likupang sehingga dimakamkan di tanah pekuburan Desa Likupang Dua, Kecamatan Likupang Timur,” jelas Sompotan, Rabu (22/4/2020) kepada Wartawan Sulutexpress.com.

“Diduga keluarga membawa paksa jenazah tanpa sepengetahuan pihak RSUP Kandou, keluarganya diduga sembunyi-sembunyi memakamkan dia, makanya dia itu dikuburkan tanpa protap Covid-19, riwayat penyakitnya kita belum tahu persis, bahkan kita tidak tahu kalau PDP ini ternyata masuk di data Dinkes Minut, apalagi kita nanti dapat info ketika dia sudah dikuburkan,” sambungnya.


Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Selain itu, dia menambahkan, pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri 128 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona 17 orang.

“Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1 orang, PDP 9 orang, Selesai Pemantauan 835 orang, PDP meninggal dunia 4 orang, konfirmasi positif 2 orang, konfirmasi positif meninggal dunia 1 orang, sembuh tidak ada,” lanjut Sompotan.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau dr James sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

(Egen)

 483 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *