Hiburan

Manfaat Tapai Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

sulutexpress.com, Minggu (11/08/2024)-Tapai singkong atau Tape Singkong adalah  cemilan ciri khas Bandung yang dikenal dengan nama Peuyeum. Peuyeum adalah olahan Singkong yang difermentasikan dengan  menggunakan ragi.

Adapun rasa dari tape yaitu manis dan sedikit asam dengan aroma alkohol yang ringan bisa dimakan langsung, digoreng atau dicampur dalam es campur atau bisa menjadi bahan cake.

Dalam 100gr tape singkong terkandung sekitar 169 kalori dan beberapa nutrisi lain seperti: 40 gram karbohidrat, 1,4 gram protein, 57 gram air, 0,3 gram lemak, 21 mg kalsium, 2 gram serat dan juga 34 mg fosfor

Selain itu, tape singkong mengandunvg vitamin C dan vitamin B12 yang meningkat berkat proses  

Simak penjelasannya dibawah ini.

Tape Singkong atau Peuyeum

Manfaat Tape Singkong

1. Sumber Probiotik

Manfaat tape singkong sebagai sumber probiotik. Ini terjadi karena proses fermentasi yang melibatkan berbagai mikroorganisme yang ternyata merupakan proses yang sangat baik untuk menghasilkan sari probiotik. 

Probiotik dapat melawan bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran percernaan untuk melawan Bakteri jahat dan virus. Selain itu, tape sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Perlu diketahui, kunci dari daya tahan tubuh yang kuat adalah dari sistem pencernaan yang sehat mengapa demikian karena sebagian besar faktor yang membentuk imunitas tubuh dapat ditemukan di usus.

Dengan mengkonsumsi makanan fermentasi seperti tape, dapat membantu usus dalam memecah makanan sehingga dapat meningkatkan kadar probiotik yang tentu saja mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Menghangatkan tubuh

Kandungan alkohol yang ringan dari hasil fermentasi dengan ragi menjadi faktor utama yang memicu efek hangat pada tubuh setelah mengonsumsi tape. Hal ini membuat tape cocok dikonsumsi saat cuaca dingin.

Karenanya, tape singkong baik dikonsumsi ketika sedang demam ringan dan badan terasa lemah.

4. Meningkatkan Energi

Manfaat tape singkong lainnya, bisa meningkatkan energi bagi tubuh karena tape mengandung karbo yang tinggi. Mengonsumsi tape singkong sama seperti makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya.

Karbohidrat merupakan sumber bahan bakar utama tubuh yang akan diubah menjadi glukosa dalam darah. Glukosa inilah yang nantinya dapat memberikan tubuh energi untuk bergerak dan menjalankan berbagai aktivitas. Hasilnya, tubuh akan menjadi lebih bugar dan kuat sepanjang hari.

5. Mencegah Sembelit

Tape singkong termyata dapat mencegah sembelit karena selain kandungan probiotiknya, tape mengandung kadar air dan serat yang cukup tinggi yang dapat melembutkan serta memadatkan tinja sehingga BAB menjadi lancar.

Maka, cobalah untuk mengganti camilan gorengan anda dengan tape. (epi)

 110 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *