Headline Minut

Lagi, Tiga PDP di Kabupaten Minut Sembuh dan Dipulangkan

MINUT, sulutexpress.com – Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (12/5/2020) hari ini, berkurang tiga dari sebelumnya 29 menjadi 26 kasus.

Pasalnya ada tiga PDP dinyatakan sembuh oleh pihak RSUD Maria Walanda Maramis, Sarongsong, Airmadidi, Minut, dan RSUP Prof Kandou Malalayang, Manado. Kabar baik tiga pasien ini sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan Mkes, sesuai update data Corona Virus Disease (Covid-19) Dinas Kesehatan (Dinkes) Minut, Selasa (12/5/2020), sampai Pukul 16.00 WITA.

“Hasil dua kali swab test oleh pihak Rumah Sakit (RS) negatif, sehingga ketiga PDP ini telah dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing, mereka adalah pasien Laki-laki usia 61 tahun asal Desa Kolongan Kecamatan Kalawat yang awalnya ada komplikasi penyakit penyerta dan dirawat di RSUD Walanda Maramis, kemudian pasien Laki-laki usia 47 tahun asal Desa Werot Kecamatan Likupang Selatan (Liksel) sebelumnya ada penyakit penyerta dirawat di RSUP Prof Kandou, dan Laki-laki usia 60 tahun asal Desa Wusa Kecamatan Talawaan sebelumnya dirawat di RSUD Walanda Maramis, pasien ini adalah suami dari perempuan konfirmasi positif meninggal dunia beberapa waktu lalu,” beber dr Sompotan sembari menambahkan, selanjutnya ketiganya harus melaksanakan protokol kesehatan covid-19 seperti cuci tangan, pakai masker, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Dia mengungkapkan, untuk pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri yang masih dipantau 6 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona 10 orang.

“ODP 3 orang, PDP 26 orang, Selesai Pemantauan 1000 orang, PDP meninggal dunia 8 orang, konfirmasi positif 2 orang, konfirmasi positif meninggal dunia 1 orang, sembuh 1 orang,” ungkapnya kepada Wartawan Sulutexpress.com.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau Sompotan sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

Dengan sembuhnya 3 PDP tersebut, maka data hari ini mengurangi jumlah PDP di Kecamatan Kalawat, Liksel, dan Kecamatan Talawaan, ini data lengkap tiap Kecamatan di Kabupaten Minut :

  1. Kecamatan Airmadidi : ODP 2, PDP 5 (3 Aktif, 2 Meninggal)
  2. Kecamatan Dimembe : ODP 0, PDP 3 (3 Aktif)
  3. Kecamatan Kalawat : ODP 0, PDP 4 (3 Aktif, 1 Meninggal)
  4. Kecamatan Kema : ODP 0, PDP 3 (2 Aktif, 1 Meninggal)
  5. Kecamatan Kauditan : ODP 0, PDP 1 (1 Meninggal)
  6. Kecamatan Likupang Barat : ODP 0, PDP 5 (5 Aktif)
  7. Kecamatan Likupang Selatan : ODP 0, PDP 2 (1 Aktif, 1 Meninggal)
  8. Kecamatan Likupang Timur : ODP 1, PDP 0
  9. Kecamatan Talawaan : ODP 0, PDP 3, (1 Aktif, 2 Meninggal), Positif 2 (1 Sembuh, 1 Meninggal)
  10. Kecamatan Wori : ODP 0, PDP 0.

(Egen)

 744 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *