Headline Minut

Kabar Baik, 2 PDP di Kabupaten Minut Sembuh

MINUT, sulutexpress.com – Kabar baik, dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUD Maria Walanda Maramis, Sarongsong, Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), dinyatakan sembuh.

Kedua PDP ini masing-masing Laki-laki berusia 50 tahun warga Kecamatan Likupang Timur (Liktim) dan Perempuan berumur 69 tahun warga Kecamatan Dimembe.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, berdasarkan sumber update data Corona Virus Disease (Covid-19) Dinas Kesehatan (Dinkes) Minut, Jumat (8/5/2020) sampai Pukul 16.00 WITA.

“Iya benar setelah dilakukan dua kali swab test hasilnya negatif sehingga kedua PDP ini dinyatakan sembuh, jadi dengan sembuhnya dua pasien tersebut maka jumlah PDP berkurang 2 dari sebelumnya 30 sekarang menjadi 28 orang,” terang dr James Sompotan, Jumat (8/5/2020), kepada Wartawan Sulutexpress.com.

Diketahui sebelumnya pasien laki-laki warga Liktim ini memiliki komplikasi penyakit penyerta dan ada riwayat perjalanan dari Provinsi Jawa Timur (Jatim), pasien ini dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) kemudian ditingkatkan jadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dia juga sempat berada di Rumah Singgah. Sedangkan untuk pasien perempuan asal Kecamatan Dimembe memiliki komplikasi penyakit penyerta dan tidak ada riwayat perjalanan, kabar baik sekarang keduanya telah dinyatakan sembuh.

Sompotan menambahkan, untuk pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri 22 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona 10 orang.

“ODP 2 orang, PDP 28 orang, Selesai Pemantauan 984 orang, PDP meninggal dunia 8 orang, konfirmasi positif 2 orang, konfirmasi positif meninggal dunia 1 orang, sembuh 1 orang,” ungkapnya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau Sompotan sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

Dengan sembuhnya dua pasien warga Kecamatan Dimembe dan Kecamatan Liktim, maka mengurangi jumlah PDP di dua Kecamatan tersebut, Ini data lengkap tiap Kecamatan di Kabupaten Minut :

  1. Kecamatan Airmadidi : ODP 1, PDP 5 (3 Aktif, 2 Meninggal)
  2. Kecamatan Dimembe : ODP 0, PDP 3 (3 Aktif)
  3. Kecamatan Kalawat : ODP 0, PDP 5 (4 Aktif, 1 Meninggal)
  4. Kecamatan Kema : ODP 0, PDP 3 (2 Aktif, 1 Meninggal)
  5. Kecamatan Kauditan : ODP 0, PDP 1 (1 Meninggal)
  6. Kecamatan Likupang Barat : ODP 0, PDP 4 (4 Aktif)
  7. Kecamatan Likupang Selatan : ODP 0, PDP 3 (2 Aktif, 1 Meninggal)
  8. Kecamatan Likupang Timur : ODP 1, PDP 0
  9. Kecamatan Talawaan : ODP 0, PDP 4, (2 Aktif, 2 Meninggal), Positif 2 (1 Sembuh, 1 Meninggal)
  10. Kecamatan Wori : ODP 0, PDP 0.

(Egen)

 1,039 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *