Headline Minut

ODP dan PDP Covid-19 di Minut Kembali Bertambah

MINUT, sulutexpress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyampaikan update data Corona Virus Disease (Covid-19), Kamis (7/5/2020), sampai Pukul 16.00 WITA.

Saat ini, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) kembali bertambah 1 menjadi 2 kasus, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada ketambahan 2 kasus dari sebelumnya 28 menjadi 30 kasus.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, Kamis (7/5/2020) kepada Wartawan Sulutexpress.com.

“Iya ada ketambahan 1 ODP dan 2 PDP, untuk 1 ODP ini berasal dari Kecamatan Airmadidi, kita sementara mencari data jenis kelamin dan usianya karena dia masih dalam pemantauan, dengan ketambahan 1 total menjadi 2 ODP di Minut,” terang Sompotan.

“PDP pertama adalah Laki-laki masih berumur 3 bulan asal Kecamatan Kalawat, dia sementara dirawat di Rumah Sakit (RS) Robert Wolter Monginsidi, Teling, Manado, PDP kedua belum diketahui jenis kelaminnya, dia berusia 57 tahun asal Kecamatan Kema dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Hermana Lembean, Kauditan, Minut, jadi kedua PDP ini memiliki
komplikasi penyakit penyerta pada paru-paru dan tidak ada riwayat perjalanan, dengan ketambahan dua PDP ini jumlah kumulatif menjadi 30 orang,” lanjutnya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Ditambahkannya, untuk pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri 19 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona 10 orang.

“ODP 2 orang, PDP 30 orang, Selesai Pemantauan 984 orang, PDP meninggal dunia 8 orang, konfirmasi positif 2 orang, konfirmasi positif meninggal dunia 1 orang, sembuh 1 orang,” ungkap Sompotan.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau Sompotan sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

Ini data lengkap tiap Kecamatan di Kabupaten Minut :

  1. Kecamatan Airmadidi : ODP 1, PDP 5 (3 Aktif, 2 Meninggal)
  2. Kecamatan Dimembe : ODP 0, PDP 4 (4 Aktif)
  3. Kecamatan Kalawat : ODP 0, PDP 5 (4 Aktif, 1 Meninggal)
  4. Kecamatan Kema : ODP 0, PDP 3 (2 Aktif, 1 Meninggal)
  5. Kecamatan Kauditan : ODP 0, PDP 1 (1 Meninggal)
  6. Kecamatan Likupang Barat : ODP 0, PDP 4 (4 Aktif)
  7. Kecamatan Likupang Selatan : ODP 0, PDP 3 (2 Aktif, 1 Meninggal)
  8. Kecamatan Likupang Timur : ODP 1, PDP 1 (1 Aktif)
  9. Kecamatan Talawaan : ODP 0, PDP 4, (2 Aktif, 2 Meninggal), Positif 2 (1 Sembuh, 1 Meninggal)
  10. Kecamatan Wori : ODP 0, PDP 0.

(Egen)

 531 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *